Wednesday, October 29, 2014

Resensi : Yuk Berhijab !


Judul : Yuk Berhijab!

Penulis : Felix Y. Siauw

Penerbit : Mizania

Jumlah Halaman: 140 Halaman

Berhijab memang sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslimah, namun masih banyak muslimah yang belum  mengenakannya, adapun mengenakannya dengan keliru maupun belum mengerti seperti apa hijab syar'i itu. Parahnya, tak sedikit muslimah yang menolaknya dengan berbagai macam alasan, haduh-haduh..

            Well, untuk kasus macam menangani kasus macam ini, yuk kita tengok dulu buku Yuk Berhijab ! karya dari Ustadz Felix. Buku ini merupakan buku kedua hasil duet Ustadz Felix dengan Emeralda Noor Achni atau lebih dikenal dengan Benefiko. Setelah berhasil membahas fenomena pacaran di buku Udah Putusin Aja, Ustadz Felix kali ini membahas mengenai fenomena hijab di kalangan muslimah. Tentu kita tahu hijab sudah menjadi sesuatu yang biasa terlihat di kehidupan kita. Komunitas Hijab juga telah bermekaran di mana-mana. Tapi udah syar'i belum ya?

            Nah di bukunya ini Ustadz Felix memulai dengan menggambarkan bagaimana kondisi wanita diberbagai peradaban dan agama yang kerap diperlakukan sebagai objek.  Kemudian Ustadz Felix menjelaskan Islam mengangkat derajat wanita, seperti bagaimana derajat ibu dalam Islam. Di beberapa bab berikutnya penjelasan semakin spesifik tentang batas aurat wanita, jenis-jenis pakaian, bagaimana berhijab yang syar'i dan fenomena-fenomena yang terjadi pada muslimah terkait dengan hijab.

            Hal lain yang menarik dari buku ini ialah, kita akan banyak disuguhkan ilustrasi kartun yang membuat menarik sekaligus mempermudah kita untuk paham konten tulisannya. Percakapan-percakapan imajinatif ala Ustadz Felix juga tak ketinggalan muncul dalam buku ini. Bahasa yang ia gunakan pun jelas dan lebih straight. Belum lagi ada komik mengenai pengalaman Benefiko saat ia belum berhijab, sudah berhijab dan berhijab syar'i. Komik ini juga menjelaskan komentar-komentar beliau tentang hijab.

            Buku ini cocok untuk mereka yang ingin mempelajari hijab yang syar'i secara lugas dan menarik. Cocok sekali untuk anak muda karena memuat banyak ilustrasi kartun serta komik yang tidak membuat kita bosan untuk membacanya. Buku yang terkesan sangat girlly ini sebenarnya dapat dibaca saja dan dapat juga menjadi media belajar yang mudah karena bahasanya cenderung tegas dan mudah. Beberapa pembaca mungkin akan tertohok oleh buku ini, namun jangan berhenti membacanya dan terteruajangan berhenti untuk menyempurnakan hijab. Hijab tanpa tapi, taat tanpa nanti. Selamat membaca.

0 comments:

Post a Comment