Friday, November 9, 2012

Life with Writing # Bridging Course 09


                Dulunya saya tak senang bahkan tak berpikir untuk  suatu saat saya akan mengisi hari-hari dengan menulis. Menulis oleh sebab bridging course hingga pekerjaan rumah yang diberikan dari dosen. Buatlah essay, buatlah review, buatlah resensi dan lain sebagainya. Satu hal yang pasti di sana akan terjadi suatu aktivitas yang dinamakan menulis dan suatu objek yang bernama tulisan. Dan juga untuk menghasilkan tulisan yang baik, para penulis tentu harus membaca refrensi tentu saja. Padahal saya kurang suka membaca apalagi kalau tulisan yang saya baca tidak sesuai dengan tema yang saya sukai. Dan mungkin hal-hal ini juga dialami oleh orang-orang lain di luar sana. Oleh karena itu saya akan mengangkat tema sederhana namun familiar ini.
                Saya jadi teringat ketika acara PPSMB, dimana penugasan yang diberikan oleh kakak-kakak panitia kepada kami adalah untuk menulis sesuatu. Ya memang itulah yang akan aku hadapi saat ini terutama di Fakultas FISIPOL Jurusan Ilmu Komunikasi di mana kami juga dituntut mengemukakan gagasan melalui media bernama menulis ini. Namun seberapa penting manfaat menulis bagi kehidupan umat manusia? Menurut saya fungsi dari tulisan itu sendiri sebagai media komunikasi di mana gagasan maupun hal-hal yang perlu untuk diingat atau disimpan kita satukan dalam sebuah catatan atau pun tulisan. Hal ini mengingatkan saya dengan – Demi pena dan apa yang ia tuliskan. Juga satu perkataan --- Ikatlah ilmu dengan menulisnya. Hal ini telah membuktikan bahwa menulis adalah sesuatu yang memang diakui bahkan dalam islam sebagai sarana untuk menyimpan sesuatu yang kita dapat dalam bentuk khayal di lintas pikiran yang biasanya kita lupakan untuk akhirnya menjadi sebuah rangkaian huruf yang membentuk makna untuk kita ingat di waktu yang akan datang.
               
                Dan untuk lebih mengakrabkan diri marilah kita tengok bagaimana perkembangan tulisan seiring dengan majunya peradaban manusia. Di mulai dari tulisan tidak sepenuhnya terdiri dari sebuah rentetan huruf yakni ketika fungsi tulisan masih diemban oleh tulisan gambar atau dapat disebut piktogram. Sebuah piktogram belum tentu mewakili sebuah makna, namun makna itu dapat dipahami ketika beberapa buah piktogram disusun dengan benar. Ada juga yang juga mirip dengan yang namanya piktogram yaitu hierogliph.
                Semakin mendekati hari ini, tulisan pun menjadi beraneka ragam dan jenis sesuai dengan, ragam budaya dan bahasa. Contohnya pada saat ini walaupun bahasa-bahasa ketika sampai pada media tulis semuanya dapat dituangkan dalam bentuk aksara alfabet. Seperti indonesia dan inggris mungkin berbeda secara bahasa namun keduanya terbiasa di tuliskan dalam jenis aksara yang sama.
                Satu hal yang perlu diperhatikan adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan tulisan itu sendiri, yakni alat tulis. Alat tulis sendiri agar kita dapat menulis sebuah hal pada bidang tulis. Dan benda-benda yang termasukd dalam alat tulis pun beraneka ragam, mulai dari pensil yang tersusun dari kayu dan silinder karbon untuk menghasilkan bekas hitam ypada kertas, pena dari bulu dan kuas yang mengandalkan warna dari tinta, ballpoint yang merupakan bentuk modern dari pena dan lain sebagainya. Namun kemampuan  menullis juga sangat ditunjang oleh benda yang bernama mesin tik. Karena sudah disusun sedemikian rupa, mesin tik memungkinkan untuk menghasilkan tulisan yang rapi dibandingkan dengan tulisan tangan. Dan pada hari ini komputer juga salah satu penemuan hebat yang membudahkan para penulis untuk lebih berkreasi juga tak takut untuk menulis karena hasil ketikan dari komputer masih dapat disunting kemudian hari.
                Jadi, apakah yang bisa kita rasakan manfaatnya dari kegiatan tulis-menulis ini sendiri? Beberapa alasan berikut mungkin bisa menjadikan anda untuk semakin gemar berkarya lewat tulisan.
·         Menulis dapat menghilangkan stress.
Bisakah hal ini terjadi? Jawabnya mungkin saja. Karena orang memiliki banyak cara untuk mencurahkan perasaannya. Kalau anda tak bisa menceritakannya pada orang lain, cobalah ambil secarik kertas dan ceritkan lewat setiap kata-kata yang mewakili sensasi emosi yang anda alami. Niscaya anda akan lebih lega setelah menulisnya.
·         Menulis dapat membantu anda memecahkan masalah.
Seperti menghadapi sesuatu yang sulit dan rumit dimana kita harus mencari dari tiap sisi persoalan untuk menemukan suatu solusi maka buatlah suatu coret-coretan atau mind map agar masalah yang kompleks itu dapat terurai dan dapat terselesaikan dengan efektif.
·         Melatih berfikir tertib dan teratur
Cara pikir yang tidak runtut dapat tercermin dari bentuk tulisan anda sendiri. Maka dari itu cobalah menulis untuk mengetes kemampuan anda.
·         Menulis dapat membantu menghasilkan uang.
Dari menulis pun kita dapat menghasilkan uang dari perlombaan maupun hasil karya kita yang dibeli oleh orang lain.
·         Menulis dapat membantu anda menyimpan ingatan.
Anda termasuk tipe orang yang sering lupa dengan sesuatu? Jika ya catatlah hal-hal yang anda rasa penting dan harus diingat kembali. Otak kita mungkin mempunyai batasan dalam menampung ingatan untuk berbagai hal dalam satu waktu. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga pastikan ingatan-ingatan itu tercatat dalam sebuah tulisan.
                Setelah dijelaskan secara panjang lebar belum lengkap rasanya kalua anda tidak mencoba untuk menulis dan merasakan sensasinya. Untuk kali ini saya ucapkan selamat menulis. Semoga menjadi sebuah karya yang bermanfaat. Terima kasih telah menyimak tulisan saya ini.
Wassalamu Alaykum wr.wb

0 comments:

Post a Comment