Saturday, November 24, 2012

Inspiring with Design #Bridging Course 11



Menarik. Itulah yang ingin dicari oleh setiap orang. Oleh karenanya orang-orang pun berdandan dan menghiasi dirinya agar tampak menarik. Dalam dunia komunikasi juga, sebuah pesan yang ingin kita sampaikan agar nantinya dapat dilirik oleh orang lain haruslah semenarik mungkin. Bagaimana caranya? Mudah saja jawabnya, percantiklah ia dengan sesuatu cara yang disebut mendesain.
Bicara tentang desain, ada hal yang sepertinya lekat dengan sebuah disiplin ilmu yang ada dalam dunia pendidikan, yakni desain komunikasi visual atau ada pula yang menyebutnya Diskomvis maupun DKV (Dekave). Dalam disiplin ilmu ini kita belajar bagaimana untuk menyampaikan sebuah pesan lewat media visual (yang dapat dilihat oleh mata). Tak harus berupa gambar saja tapi memungkinkan unsur-unsur seperti simbol, tulisan (typografi), warna, pencahayaan dan lainnya dapat menjadi kerangka pembentuk dari sebuah desain.
Seiring perkembangan zaman, serta kemajuan teknologi yang luar biasa cepat membuat desain kini menjadi sebuah hal yang dicari oleh banyak orang. Jelas saja, di zaman ini gambar, animasi, video dan sebagainya sangat mudah untuk dibuat, selain itu kebutuhan perorangan, kelompok atau perusahaan dalam hal promosi adalah factor kunci mengapa di saat ini desain menjadi sesuatu yang perlu. Selaras dengan yang terurai dalam paragraf satu tadi bahwa untuk menarik perhatian, sesuatu hal harus dihias sedemikian rupa agar banyak orang yang mau mengalihkan pandangannya dan desain hadir untuk menggoda focus pikiran kita agar tertarik pada sesuatu hal yang ingin disampaikan.
Memang tak hanya gambar yang dapat dikategorikan sebagai bahan untuk didesain, namun foto manusia juga dapat menjadi objek untuk didesain. Bahkan foto yang diri kita dapat didesain untuk memuncunculkan sesuatu kesan tersendiri, bagi para desainer itu bukanlah sesuatu yang sulit. Itulah menariknya mendesain. Kita dapat melebih-lebihkan bahan editan kita menjadi lebih heboh juga menarik.
Hal yang perlu dipertanyakan juga ialah dimanakah lading rezeki dari sang desainer? Tentunya tak hanya sebuah profesi saja, karena di era semacam sekarang keahlian dari sang desainer diperlukan diberbagai instansi, lembaga maupun komunitas. Berikut ini ruang lingkup yang dapat dimasuki oleh seorang desainer komunikasi visual:
1.       Advertising
Sebuah cara untuk member informasi tentang keberadaan barang atau jasa kita yang diharapkan para konsumen dapat memilih apa yang telah kita sediakan untuk digunakan. Hal itu dapat diwujudkan dengan membeberkan iklan yang tak biasa nan sensasional kepada calon konsumen.
2.       Animasi
Dalam dunia animasi, contohnya saja seperti anime atau kartun yang kita tonton ternyata ada beberapa bagian yang harus ditangani oleh seorang desainer. Bisa ditebak bagian ini biasanya tidak murni hasil dari gambar tangan melainkan pengaruh juga dari teknologi komputer.

3.       Desain Identitas Usaha (Corporate Identity)
Bagaikan nama untuk seorang manusia, sebuah perusahaan juga memerlukan logo atau merk/ brand yang bisa menjadi simbolisasi atas perusahaannya.

4.       Desain Marka Lingkungan
Kalau anda memperhatikan rambu-rambu, yang biasa terpampang di jalan atau pun tanda-tanda umum seperti di wc, sebenarnya itu adalah salah satu karya dari ide-ide para desainer.

5.       Multimedia
Berbagai media yang ingin ditampilkan ke khalayak selayaknya dikemas dalam bentuk yang semenarik mungkin, agar para komunikan dapat menikmati juga memaknai pesan yang ditujukan kepadanya.

6.       Desain Grafis Industri (Promosi)
Salah satu keinginan dari tiap perusahaan adalah ketika orang-orang menggunakan jasa atau produk yang mereka tawarkan. Oleh karenanya promosi adalah suatu yang tak terhindarkan dari semua itu. Di tangan para disainerlah cara promosi itu akan dibuat sekreatif mungkin agar si komunikan dapat terniang-niang dengan suatu yang diinformasikan.

7.       Desain Grafis Media (buku, surat kabar, majalah dsb.)
Media cetak tentu tak lengakap jika hanya menyajikan tulisan saja, perlu ada aspek penunjang agar pembaca tidak bosan atau tetap berfokus pada buku, nah desainer yang akan memberikan hiasan-hiasan cantik supaya hal itu dapat terlaksana. Bagian cover/sampul buku yang menjadi daerah desain yang paling mengena dari yang lainnya.

8.       Cerita Gambar (Komik, Karikatur dan Poster)
Tak jauh beda dengan dunia animasi, dunia 2 D non animasi atau sebut saja media cetak visual biasa tak lepas dari peran serta desainer.

9.       Fotografi, Typografi dan illustrasi
Untuk menjadi seorang desainer komunikasi visual, bisa dibilang tak sulit. Hari ini anda tinggal menyiapkan diri untuk berhadap-hadapan dengan berbagai software /perangkat lunak yang harus anda kuasai demi menjadi seorang desainer. Merekalah CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator dan sebagainya. Tentu saja tak butuh computer dengan spesifikasi khusus untuk meng-instal berbagai macam software ini, karena sebagaian besar computer di waktu ini telah melampaui batas minimal untuk memasang software tersebut.
                Jadi kenapa sekarang tak memulai menekuni dunia penuh inspirasi dan warna ini.  Bahkan bisa jadi jika keahlian anda telah mencapai tingkat atas, pekerjaan yang bahkan akan menghampiri anda.Walaupun sudah banyak desainer yang tersebar di bumi ini tapi kekreativitasanlah yang akan membuat anda berbeda.
                Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamu Alaykum wr.wb.

0 comments:

Post a Comment